TIMNAS INDONESIA DI PIALA ASIA DARI DARI TIM NON UNGGULAN SAMPAI MELAWAN KETIDAK MUNGKINAN

Timnas Indonesia di Piala Asia dari Tim Non Unggulan sampai Melawan Ketidakmungkinan 


Sepak bola itu olah raga dinamis dan membutuhkan inovasi dari sang juru taktik, dia harus mampu melihat secara detail kemampuan pemainnya satu persatu.
Pelatih juga punya andil besar untuk mengeluarkan kemampuan terbaik para pemainnya dan berani melihat dari sisi yang berbeda.

Ahmad Sofyan Wahid
(Pengamat Sepak Bola) 


Jakarta - 16 Tahun lamanya tim garuda absen di kompetisi Piala Asia dan sekarang adalah saatnya untuk menunjukkan kuku tajam dan kepakan sayap garuda yang membuat lawan lawan meremehkan Indonesia terkesima akan kebangkitan garuda muda, ucap ASW di Jakarta pada Senin, (22/1).


Asw mengatakan, "Jesus Casas Garcia pelatih timnas Irak sedang diatas angin hingga pertandingan ke 2 timnas irak sukses melumat Indonesia dan Jepang. Artinya strateginya berjalan sangat baik. Pelatih asal Spanyol ini mampu membalikkan prediksi para pengamat sepak bola saat ini, ungkapnya.


Kelebihan dari timnas Irak saat melawan Pasukan garuda adalah mampu memaksimalkan kekurangan timnas indonesia secara terus menerus khususnya di area kotak penalti seperti bola bola atas dan itu terus di ekspos dan hasil akhir adalah 3-1. Timnas senior Indonesia itu harus di bawelin dan diberikan kritik yang membangun, jika terlalu santai maka tak akan pernah ada prestasi dan piala yang masuk, tegasnya.


Asw mengingatkan, filosofi sepak bola yang terkenal adalah "Pertahanan terbaik adalah menyerang". Timnas Indonesia saat ini sedang membangun permainan sepak bola atraktif tapi seringnya mengabaikan hasil akhir. Ingat pemenang dalam olah raga sepak bola itu skor akhir yang di lihat bukan proses. Walaupun Ball possesion 80 banding 20 % , Shots on target 30 banding 4, jika tim itu bertahan dan menyerang langsung gol dan bertahan selama 90 menit maka tim yang ciptakan gol lah yang akan menang. Contoh : Final Euro 2004 Portugal Vs Yunani. Anak asuh otto rehagel mampu menumbangkan CR7 cs dengan skor 1 -0 dan akhirnya jadi kampiun piala eropa 2004.


Pelatih asal jerman otto Rehagel sosok jenius. Karena mampu merubah tim medioker menjadi juara dari kaiserlautern, werder bremen sampai timnas yunani mampu mematahkan dominasi tim dan negara besar yang kultur sepak bolanya sangat kuat.


Dari kaca mata pribadi asw sebuah tim yang menggunakan 3 center back dalam bertahan dan 3 pemain tengah potensi juaranya lebih terbuka lebar dan bisa menjadi formasi instan untuk juara, Karena ada keseimbangan di lini tengah. Contoh Chelsea era Thomas Tuchel. Netizen membantah chelsea gunakan 3-4-2-1 kok, Itu formasi awal. Pas bertahan pasti ada formasi defensif. Pas bertahan berubah jadi 5-4-1 atau 5-3-1-1. Dan siapa lawannya. Di lawan tertentu juga formasinya 4 -4-2 kok. Artinya tidak kaku dan menyesuaikan lawan, ucapnya. 

Mau contoh lagi Antonio Conte dan Simeone Inzaghi favorit gunakan tiga center back dan 3 central midfilder timnya selalu konsisten di papan atas dan selalu juara, contoh lain Atalanta tim medioker ketika ditangani gasperini konsiten masuk kompetisi eropa terus. Karena menggunakan formasi diatas dan itu dibenarkan sendiri oleh gasperini. Formasi 3 -5-2 lemah di sayap bang cepet capek lho kalo kata netizen. Kan ada pemain cadangan yang beda tipe dan gaya permainan yang dapat di sesuaikan dengan situasi dan kondisi.


Sekali lagi Asw menambahkan, mengapa timnas irak begitu kuat ? Karena dia punya musuh bebuyutan yaitu iran yang sangat dominan di timur tengah bahkan asia. Iran itu negara asia pertama yang juara Piala Asia 3 Kali beruntun sedangkan Irak baru satu kali juara. Selain itu Irak dan Iran secara politik juga tidak baik baik saja dan selalu ada konflik disana, 4 hari yang lalu iran menyerang Irak secara militer. Artinya persaingan di sepak bola sangat hidup. 


Lantas bagaimana dengan Timnas Jepang vs Timnas Indonesia yang akan di helat pada Rabu, 24 Januari 2024. Wataro Endo (Captain) mengatakan, "Timnas Jepang harga mati harus menang melawan timnas Indonesia, artinya target realistis. Juara Piala Asia terbanyak ini menargetkan Indonesia menang dengan skor 4 atau 5-0. Timnas jepang di sepak bola Asia adalah Raja karena telah mengoleksi 4 gelar unggul 1 gelar dari Arab Saudi dan Iran.


Prediksi diatas kertas Jepang lebih unggul dari Garuda merah putih, dan memang beda kelas. Secara peringkat FIFA terlampau jauh, jepang ada di peringkat ke 17 dunia sedangkan Indonesia di posisi 142 (penambahan poin kemenangan dari Vietnam). Rangking FIFA hanya soal angka yang penting setiap pertandingan menang, khususnya dikompetisi besar. karena itulah yang menjadi sorotan dunia Internasional.

Selain itu Kekurangan Indonesia saat melawan irak rapuhnya lini tengah karena menggunakan Formasi 5-4-1 artinya hanya ada dua gelandang sedangkan irak saat itu menggunakan 4 - 2 -3 -1 (ada tiga gelandang di tengah). Saat itu timnas Indonesia hanya fokus pada pemain sayap dan mengabaikan lini tengah. Justru lini tengah lah tiang penyangga sebelum masuk area pertahanan. Tapi Sudahlah itu telah terjadi.


Jika mau bedah tim juara yang menggunakan formasi 4 -3 -3 keseimbangan lini tengah itu yang penting. Ok saya akan bedah Juara Champions League yaitu Manchester City. Tim biru langit tersebut jika diamati lebih mendalam dari 11 pemain intinya 6 Pemain adalah tipikal bertahan dan 4 pemain adalah tipe penyerang. 

Pep Guardiola akan mempertahankan pemain yang memiliki kreatifitas dan inovasi menyerang yang baik seperti Kevin De Bruyne, Rodri, Bernardo Silva dan Phil Foden di ikuti pemain bertahan yang mampu melakukan kreatifitas serangan yang baik. Kedalaman skuad nya juga sangat mumpuni seperti adanya bocah ajaib asal Argentina Julian Alvarez yang menjadi supersub mematikan.

Apa yang dilakukan pep saat ini adalah contoh terbaik yang dapat ditiru. pola dan sistemnya di jiplak langsung oleh Girona yang merupakan anak dari City Footbal Group.

Solusi untuk melawan timnas Jepang 

Jepang adalah negara yang sangat ambisius soal prestasi dan itu tercermin dari prestasinya selama ini di Piala Asia. Negeri Samurai Biru ini tak kenal kompromi dia sangat kejam dan Bengis. Jika melihat dari kaca mata militer di perang dunia ke II jepang hanya bisa dikalahkan oleh negara yang kejamnya diatas jepang yaitu Amerika. Setelah pasukan Nippon menyerang Pearl Harbour maka balasan Amerika adalah menjatuhkan 2 bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, menyerah langsung menyerah tanpa sarat.

Analogi dari sejarah tersebut jika diterapkan dalam sepak bola melawan timnas jepang harus mengeluarkan kemampuan terbaik dan bermain dengan kemampuan tanpa batas tanpa mengenal rasa kasihan. Ingat timnas jepang memiliki banyak pemain spesialis bola mati, pelajari titik lemahnya dari banyak video tim tim mana yang pernah mengalahkan timnas jepang. Dan ingat selalu ada banyak cara dan bukan hanya satu cara untuk mengalahkan timnas jepang saat piala Asia 2024 yang diselenggarakan di qatar ini. 


Dalam pertandingan ini Kita harus melawan ketidakmungkinan, jika hasil akhir adalah 0 - 0 maka jepanglah yang akan lolos, karena unggul selisih gol dalam dua pertandingan jepang telah melesakkan 5 gol dan kebobolan 4 gol artinya surplus 1. Indonesia dalam dua pertandingan baru menciptkan 2 gol dan kebobolan 3. Artinya minus 1. Target realistis kemenangan 1-0 atau 2-0. Jika hasil imbang maka Indonesia harus memperebutkan tiket peserta 3 terbaik dan itu tidak mudah.

Ingatkan ke para ke satria garuda jepang adalah negara penjajah yang sangat kejam yang membuat Indonesia menderita selama 1,5 tahun dan lampiaskan dendam kalian di panggung sepak bola. Semangat Tim Garuda. 

Penulis: ASW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJIN MELAPORKAN

SEDEKAH DAGING 😇